Visi Sekolah
“Unggul dalam Iman dan Taqwa, Berbudaya Lingkungan, Berpresatasi, Terampil dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”.(UNGGUL ITU PASTI)
Untuk mengimplementasikan visi yang diangkat oleh SMP Negeri 1 Karanggeneng kami rumuskan beberapa indikator visi yang mengarah pada misi sekolah, antara lain :
1. Unggul Iman dan Taqwa, indikatornya :
- Terwujudnya profil pelajar Pancasila.
- Terwujudnya peningkatan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta dalam pengamalan ajaran agama.
- Terwujudnya kegiatan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
- Terwujudnya integrasi ajaran agama dalam proses pembelajaran, penilaian dan sikap pergaulan antara siswa, guru dan tenaga kependidikan.
- Terwujudnya kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam mengintergrasikan nilai-nilai agama Islam dalam kinerja dan pergaulan
2. Berbudaya Lingkungan, indikatornya :
- Terwujudnya Adiwiyata yang berbudaya lingkungan;
- Teruwujudnya lingkungan sekolah ramah anak;
- Terwujudnya sikap dan perilaku hidup bersih di lingkungan sekolah;
- Terwujudnya integrasi budaya lingkungan dalam proses pembelajaran, penilaian dan sikap pergaulan antara siswa, guru dan tenaga kependidikan;
- Terwujudnya siswa yang terampil mengoperasionalkan internet untuk mendukung proses pembelajaran yang berwawasan lingkungan;
- Terwujudnya kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam mengintegrasikan budaya lingkungan dalam kinerja dan pergaulan;
- Tewujudnya sistem penilaian yang berbudaya IT yang handal;
- Terwujudnyabudaya literasi dalam proses kehidupan di lingkungan sekolah;
3. Berprestasi, Indikatornya :
- Terwujudnnyakelulusan siswa dalam Ujian Sekolah dengan Nilai Akhir rata-rata 75.00.
- Terwujudnyapelaksanaan pembinaan olah raga prestasi terhadap siswa sehingga dapat memperoleh juara I dalam bidang olah raga baik ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional.
- Terwujudnyapelaksanaan pembinaan minat dan bakat di bidang kesenian sehingga dapat memperoleh juara dalam bidang kesenian baik ditingkat kabupaten, propinsi, maupun nasional
- Terwujudnyakemampuan siswa dalam membuat aneka ragam jajanan dan kuliner serta mampu memasarkan dalam skala
- Terwujudnyakemampuan siswa berkomunikasi menggunakan bahasa asing dengan
- Terwujudnyasarana dan prasarana belajar dan olah raga prestasi secara representative.
- Terwujudnyapeningkatan kegiatan ekstrakurikuler.
- Terwujudnya siswa penghafal Al-Qur’an ( Tahfidh )
- Terwujudnyapeningkatan budaya literasi. Yang mendukung dalam Assesmen Komptensi Minimum melalui Gerakan Lamongan Sehari Satu Buku (GERLAMSESAKU).
4. Terampil dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, indikatornya :
- Terwujudnya siswa yang terampil mengoperasionalkan komputer pada level microshoftwords, microshof exel dan Adobe fotoshop secara lebih mendalam ;
- Terwujudnya siswa yang mampu mengakses semua aplikasi pembelajaran dengan memanfaatkan akun dari Pemerintah. Menggunakan domain belajar.id;
- Terwujudnya siswa yang terampil mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari secara menyeluruh (ilmu umum dan agama), dengan mengintegrasikan lingkungan;
- Terwujudnya kemampuan siswa berkomunikasi menggunakan bahasa asing dengan baik;
- Terwujudnya program sekolah rujukan nasional;
- Terwujudnya program sekolah penggerak;
- Terwujudnya kemitraan jejaring dengan Sekolah Nasional dan Dunia Usaha;
5. Terwujudnya Pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
- Telaksananya proyek profil pelajar Pancasila untuk seluruh peserta didik 4 kali dalam setahun
- Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar Pancasila dalam Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian untuk semua mata pelajaran.
- Terlaksananya pengintegrasian nilai profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah
Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah sebagai berikut :
- Semua warga sekolah memiliki perilaku yang sesuai dengan norma-norma agama
- Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
- Inginmencapai keunggulan dalam bidang akademik dan non akademik
- Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah
- Mendorong adanya peningkatan ke arah yang lebih baik di bidang Imtaq dan Iptek
Mengarahkan langkah-langkah strategis (visi) sekolah
Misi Sekolah
Untuk mewujudkannya, sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut :
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan;
- Meningkatkanpelaksanaan pendidikan agama Islam secara intensif ;
- Meningkatkankemampuan guru dalam mengintegrasikan ajaran agama dalam proses pembelajaran, penilaian dan sikap pergaulan antara siswa, guru dan tenaga kependidikan;
- Meningkatkankemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam mengintergrasikan nilai-nilai agama Islam dalam kinerja dan pergaulan;
- Mewujudkansekolah yang berbudaya
- Mengembangkan sikap dan perilakuhidup yang bersih dalam hubungan kerja sama antara sekolah, komite, orang tua siswa dan masyarakat.
- Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Nasional dengan mengintegrasibudaya lingkungan dalam proses pembelajaran, penilaian dan sikap pergaulan antara guru dan siswa.
- Mewujudkan Sekolah Adi WiyataNasional dengan meningkatkan keterampilan dalam mengoperasionalkan internet untuk mendukung proses pembelajaran yang berwawasan
- Meningkatkankesejahteraan personal
- Meningkatkan budaya kemandirian, kemitraan, parstisipasi, keterbukaan dan. Akuntabilitas.
- Mengembangkan sikapdisiplin pada semua personal dan meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan.
- Meningkatkan budaya baca dalam setiap proses pembelajaran.
- Meningkatkan kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam mengelola sistem penilaian di era tehnologi informatika.
- Meningkatkan kualitas pendidikansesuai SNP.
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara intensif dan menyenangkan
- Mengembangkan potensi dan prestasi siswa dalam bidang olah raga.
- Mengembangkan potensi dan prestasi siswa dalam bidang Tahfidh, kesenian, oliempiade sain, dan teknologiinformasi komunikasi
- Mewujudkan pengembangan potensi siswa dalam keterampilan bahasa asing (Inggris dan Bahasa Arab)
- Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.
- Meningkatkankegiatan ekstrakurikuler.
- Mewujudkanbudaya literasi untuk mewujudkan Gerlamsesaku.
- Mewujudkanlulusan yang berkarakter dan berwawasan global.
- Mewujudkansekolah rujukan Nasional
- Mewujudkankemitraan jejaring dengan sekolah nasional dan Dunia Usaha.
- Mewujudkan Pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila
Tujuan Sekolah
- Tujuan
- Tujuan Pendidikan Nasional :
Pendidikan Nasional seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis, serta bertanggung jawab dan mewujudkan profel pelajar Pancasila
- Tujuan Pendidikan Dasar :
Tujuan Pendidikan Dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan untuk hidup mandiri serta mengikuti pendidikan lebih lanjut.
- Tujuan Pendidikan di SMP Negeri 1 Karanggeneng Pada tahun pelajaran 2022/2023ini tujuan pendidikan yang diharapkan :
- Terwujudnya peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, berupa pelaksanaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah serta Materi Kajian Islam.
- Terwujudnya pelaksanaan program pendidikan agama Islam secara intesif.
- Terwujudnyapeningkatan kemampuan siswa dalam baca dan tulis Al-Quran.
- Terwujudnyapeningkatan sikap dan pergaulan antara siswa, guru dan tenaga kependidikan berdasarkan akhlaqul karimah (akhlaq yang mulya).
- Terwujudnya pelaksanaan proses perumusan TP, ATP dan MAyang mengintergrasikan nilai-nilai agama Islam dan PPK ( Penguatan Pendidikan Karakter) serta PPP (Profil Pelajar Pancasila).
- Terwujudnyakomitmen, kompetensi, pola hidup dan etos kerja yang disiplin bagi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan nilai-nilai agama Islam
- Terwujudnyasekolah yang berbudaya lingkungan yang memiliki berbagai
- Terwujudnyahubungan kerjasama antara sekolah, komite, orang tua siswa dan masyarakat dalam menggali sumber dana yang memadai dan memenuhi kegiatan
- TerwujudnyaSekolah Adiwiyata Nasional dengan mengintegrasi budaya lingkungan dalam proses pembelajaran, penilaian dan sikap pergaulan antara guru dan siswa.
- Terwujudnyasekolah adiwiyata dengan lingkungan sekolah yang kondusif, tertib, bersih dan indah.
- Terwujudkan sekolah ramah anak.
- Terwujudnya peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan
- Terwujudnya budaya mandiri, kemintraan, partisipasi, akuntabilitas dan keterbukaan.
- Terwujudnya pengembangan sikap disiplinpada semua personal dan meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan.
- Terwujudnya kemampuan dan keterampilan siswa dalam membaca secara tekstual maupun konstektual menuju suksesnya Assemen Nasional.
- Tewujudnya kemampuan guru dan tenaga kependidikan dalam menerapkan sistem penilaian yang komperhenship dan handal.
- Terwujudnyalulusan yang unggul dalam prestasi akademik dan non akademik sesuai SNP.
- Terwujudnyaadministrasi kurikulum dan perangkat pembelajaran yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran/KBM yang variatif dan inovatif.
- Terwujudnyakeunggulan potensi dan prestasi siswa dalam bidang olah raga baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat
- Terwujudnyakeunggulan potensi dan prestasi siswa dalam bidang kesenian, oliempiade sain dan teknologi baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun
- Terwujudnyaprestasi siswa dalam bidang kewirausahaan/ Life skill.
- Terwujudnyakemampuan siswa berkomunikasi menggunakan bahasa asing dengan
- Terwujudnyasarana prasarana belajar dan olahraga ,seni yang memadai.
- Terwujudnyapelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler secara baik
- Terwujudnyapeningkatan budaya
- Terwujudnyapotensi guru, tenaga kependidikan dan siswa dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi diera digital.
- Terwujudnya lulusan yang berkarakter dan berwawasan global.
- Terwujudnyapengembangan potensi siswa dalam keterampilan bahasa asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab)
- Terwujudnya sekolah penggerak.
- Terwujudnyasekolah rujukan nasional.
- Terwujudnyakemitraan/jejaring dengan sekolah nasional dan Dunia Usaha.
- Terwujudnya Pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila.
